Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

Elastisitas Harga Permintaan (Price Elasticity of Demand)

  • Bagikan

Macam-macam Elastisitas Harga Permintaan

a. Permintaan Elastis (Ed > 1)

Apabila diperoleh Ed > 1, sifat permintaan dikatakan elastis. Hal ini berarti konsumen peka terhadap perubahan harga barang atau perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah yang diminta lebih dari 1%.

Barang-barang yang mempunyai sifat permintaan yang elastis adalah barang-barang yang mempunyai pengganti (substitusi) dan barang-barang elektronik, seperti VCD, televisi, dan DVD.

Dalam bentuk kurva, permintaan elastis berbentuk landai seperti terlihat berikut ini :

b. Permintaan Inelastis (Ed < 1)

Pada jenis elastisitas ini konsumen kurang peka terhadap perubahan harga. Artinya, meskipun harga naik atau turun, masyarakat akan tetap membelinya. B

arang yang mempunyai elastisitas yang inelastis adalah barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang yang tidak mempunyai pengganti (subtitusi). Ed < 1 berarti perubahan harga sebesar 1% menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta kurang dari 1%.

Dalam bentuk kurva, permintaan elastis berbentuk curam seperti terlihat berikut ini

c. Permintaan Elastis Uniter (Ed = 1)

Elastisitas permintaan ini mengandung arti bahwa perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang diminta sebesar 1%.

Dalam bentuk kurva, permintaan uniter kemiringannya 45  seperti berikut ini

d. Permintaan Elastis Sempurna (Ed = • )

Suatu barang/jasa disebut memiliki elastisitas sempurna jika memiliki koefisien elastisitas tak terhingga. Dengan demikian, pada harga tertentu jumlah yang diminta konsumen mencapai tidak terhingga atau berapa pun persediaan barang/jasa yang ada akan habis diminta oleh konsumen.

Salah satu komoditas yang memiliki ciri ini adalah bahan bakar minyak (BBM). Dalam bentuk kurva, permintaan elastisitas berbentuk sempurna horizontal seperti terlihat berikut ini.

e.Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)

Untuk barang yang penting sekali (kebutuhan yang sangat pokok), berapa pun perubahan harga tidak akan memengaruhi jumlah barang yang diminta.

Kurva untuk jenis elastisitas ini akan berbentuk garis lurus yang sejajar dengan sumbu vertikal (sumbu P).

Dalam bentuk kurva, permintaan inelastis sempurna tegak lurus seperti terlihat berikut ini.

Faktor-faktor yang memengaruhi Elastisitas Permintaan

Jika kita mengambil keputusan dari uraian di atas, ternyata barang/jasa tertentu tidak memiliki elastisitas yang sama. Faktor yangmemengaruhinya adalah sebagai berikut.

  1. Ketersediaan barang subtitusi atas suatu barang dan juga semakin tinggi tingkat kemampuannya mensubtitusi maka permintaan barang tersebut semakin elastis.
  2. Intensitas kebutuhan (desakan kebutuhan), Kebutuhan pokok bersifat inelastis, artinya semakin penting kebutuhan pokok itu semakin inelastis permintaannya. Artinya, meskipun harga naik, masyarakat tetap membutuhkan dan tetap membelinya. Sebaliknya, barang mewah lebih bersifat elastis karena tidak mesti diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pembelinya dapat ditunda dan jumlah pembeli banyak seandainya harga turun.
  1. Pendapatan konsumen, Jika pendapatan konsumen relatif besar dibandingkan dengan harga barang, permintaan akan inelastis. Sebaliknya, konsumen yang berpendapatan kecil dengan terjadinya perubahan harga sedikit saja akan memengaruhi permintannya terhadap barang sehingga permintaan bersifat elastis
  2. Tradisi, Barang yang sudah menjadi kebiasaan (tradisi) untuk dipergunakan, barang tersebut harganya akan naik. Orang akan tetap membelinya sehingga untuk barang ini permintaannya cenderung elastis.

Contoh Penghitungan Koefisien Elastisitas Permintaan

a. Jika diketahui data perubahan harga

Perhitungannya dapat menggunakan rumus sebagai berikut.

b. Dalam bentuk persentase

Untuk menentukan besarnya elastisitas harga dari permintaan di antaranya dengan membagi persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase perubahan harga barang tersebut.

Dalam rumus dapat kita tuliskan: Koefisien elastisitas permintaan

c. Dalam bentuk kurva

Diketahui kurva permintaan gula putih di Bandung sebagai berikut.

d. Dalam bentuk fungsi matematis

Diketahui fungsi permintaan suatu barang adalah Qd = –3P + 100, hitunglah koefisien elastisitas permintaan pada tingkat harga = 20!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *