Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

Peramalan/Forecasting

  • Bagikan

Peramalan merupakan pengetahuan dan seni untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang pada saat sekarang. Peramal harus mencari data dan informasi masa lalu. Data dan informasi masa lalu merupakan perilaku yang terjadi di masa lalu dengan berbagai kondisi pada saat itu.

Kondisi  yang   menyebabkan  perilaku   data   dan informasi  tersebut  bisa  dijadikan  acuan  bagi  kondisi sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini perlu dilakukan mengingat di masa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian.

Langkah-langkah Peramalan

Secara umum langkah-langkah yang dilakukan dalam peramalan sebagai berikut:

a. Pengumpulan Data

Data yang dikumpulkan selengkap mungkin untuk beberapa   periode.  Pengumpulan   data   bisa   dilakukan dengan pengumpulan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber seperti perpustakaan, majalah, serta laporan lainnya dan pengumpulan data primer, data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara atau dengan menyebarkan kuesioner.

b. Pengolahan Data

Data yang sudah dikumpulkan kemudian dibuat tabulasi data sehingga akan diketahui pola data yang dimiliki dan memudahkan untuk melakukan peramalan melalui metode peramalan yang ada.

c. Penentuan Metode Peramalan

Peramalan yang diinginkan adalah dengan menggunkan metode yang paling tepat. Pemilihan metode peramalan adalah dengan mempertimbangkan faktor horizon waktu, pola data, jenis peramalan, faktor biaya, ketepatan        dan kemudahan penggunaannya.

d. Proyeksi Data

Agar dapat meminimalkan penyimpangan terhadap perubahan maka perlu dilakukan proyeksi data dengan pertimbangan faktor perubahan seperti perubahan ekonomi, politik, sosial atau perubahan kemasyarkatan lainnya untuk beberapa periode.

e. Pengambilan Keputusan

Hasil  peramalan  yang  telah  dilakukan  digunkan untuk mengambil keputusan untuk membuat berbagai perencanaan seperti perencanaa produksi, keuangan, penjualan dan perencanaan lainnya baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Jenis-Jenis Metode Peramalan

1. Deret Waktu (Time Series)

Analisis time series merupakan hubungan antara variabel yang dicari (independent) dengan variabel yang memengaruhinya (dependent variable), yang dikaitkan dengan waktu seperti mingguan, bulan, triwulan, caturwulan, semester atau tahun. Dalam analisis time series   ini yang menjadi variabel adalah waktu. Metode peramalan ini terdiri dari:

  1. Metode Smooting,  jenis  peramalan  jangka  pendek seperti perencanaan persediaan, perencanaan keuangan.
  2. Metode Boy Jenkins, merupakan deret waktu dengan menggunakan metode matematis dan digunakan untuk peramalan jangka pendek
  3. Metode proyeksi tren dengan regresi, metode yang digunakan baik  jangka  pendek  maupun  jangka panjan  Metode  ini  menggunakan  data  minimal  2 tahun dan semakin banyak semakin baik.

2. Metode Sebab-Akibat (Causal-Method)

Metode  peramalan  yang  didasarkan  kepada hubungan antara variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang memengaruhinya tetapi bukan waktu. Metode peramlan ini terdiri dari:

  1. Metode Regresi dan korelasi, metode yang digunakan baik untuk peramalan permintaan maupun penjualan.
  2. Metode  Input-Ouput, metode  yang digunakan  untuk ramalan  jangka  panjang  yang  biasanya  digunakan untuk menyusun tren ekonomi jangka panjang. Data yang digunakan biasanya lebih dari sepuluh tahun.
  3. Metode ekonometri, peramalan  ini didasarkan  pada sistem pemasaran regresi yang diestimasi secara simultan. Data yang digunakan biasanya data kuartalan.

 

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *