Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

HUBUNGAN INTERAKSI ANTAR ORGANISME PENYUSUNANNYA (LOTIK)

  • Bagikan
ILUSTRASI GAMBAR

Hubungan interaksi antar organisme penyusunnya (lotik)

Interaksi Antar Individu

Netral

Netral adalah hubungan tidak saling menggangu antar makhluk hidup dalam habitat yang sama. Sifat hubungan ini tidak saling menguntungkan dan tidak saling merugikan kedua belah pihak – Contoh : lumut dengan teratai.

  1. Simbiosis Simbiosis adalah hubungan antar makhluk hidup dari spesies yang berbeda yang hidup bersama. Simbiosis dibedakan menjadi 4 (empat) yaitu :
    1. Simbiosis Komensalisme, adalah hubungan antar dua organisme yang hidup bersama dimana yang satu pihak mendapat keuntungan dan yang satu pihak tidak dirugikan dan tidak diuntungan. – Contoh : ikan ikan kecil yang berteduh di tumbuhan teratai
    2. Simbiosis Mutualisme, adalah hubungan antar dua organisme yang hidup bersama, dimana antar keduanya terjalin hubungan saling menguntungkan antar dua belah pihak.
    3. Predasi, adalah hubungan antar pemangsa dengan mangsa. Pemangsa disebut sebagai predator dan yang dimangsa disebut mangsa. -Contoh: ikan gabus dengan anak ikan / ikan kecil
    4. Parasitisme, adalah hubungan dua organisme yang hidup bersama, yang mana satu pihak merugikan dan mengambil makanan dari inangnya. -Contoh : lumut dimakan ikan

Interaksi Antar Populasi

Interaksi antar populasi debadakan menjadi 2 (dua) yaitu :

  1. Kompetisi, adalah hubungan antar populasi dan di antara populasi terdapat kepentingan yang sama, sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. – Contoh : ikan nila dengan ikan gurameh sama sama memerlukan lumut.
  2. Alelopati, merupakan interaksi antar populasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi timbulnya populasi lain. Contoh : Water hemblock atau cikuta maculata dikenal sebagai tanaman paling mematikan di Amerika Utara dan Eropa yang hidup di perairan, apabila ikan ikan kecil memakan tumbuhan tersebut, ikan itu akan meninggal . Karna, tumbuhan tersebut mengandung suatu senyawa yang beracun disebut cicutoxin.

Interaksi antar Komunitas

Komunitas adalah kumpulan polulasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan salingberinteraksi. – Contoh : komunitas sawah dan sungai. Antara komunitas sawah dan sungai terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah.

Peredaran pupuk pertanian dari sawah ke sungai sehingga menyebabkan eutrofikasi dan peredaran organisme hidup dari kedua kornunitas tersebut. Interaksi antar Komunitas

Kemungkinan rantai makanan Rantai

Jaring-jaring Makanan Rantai makanan adalah peristiwa hewan memakan tumbuhan maupun hewan memakan hewan lainnya atau hubungan memakan dan dimakan. Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan.

Contohnya : ikan ikan kecil memakan lumut. Karnivora adalah hewan pemakan daging.

Contohnya : buaya memakan ikan nila. Omnivora adalah hewan pemakan segala (tumbuhan dan daging).

Contohnya : ikan munjair memakan anak ikan dan lumut.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *