Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

BAB 6 : Penawaran, Permintaan dan Kebijakan Pemerintah

  • Bagikan

Pengendalian Harga

  • Batas harga tertinggi (price ceiling) merupakan harga maksimum sesuai dengan peraturan untuk harga jual sebuah barang.
  • Batas  harga  terendah  (price  floor)  merupakan  harga  minimum  sesuai  dengan peraturan untuk harga jual sebuah barang.

Pasar dengan Batas Harga Tertinggi

  • Pada panel (a) pemerintah menerapkan batas harga tertinggi $4 per batang es krim. Dalam hal ini, karena harga keseimbangan penawaran dan permintaan ($3) dibawah batas, batas harga tertinggi ini tidak mengikat, kekuatan pasar secara alamiahmenggerakkan ekonomi ke arah titik keseimbangan dan batas harga tertinggi tidak berpengaruh terhadap harga atau jumlah penjualan.
  • Pada panel (b) menunjukkan kemungkinan lain yang lebih menarik. Dalam hal ini pemerintah menerapkan batas harga tertinggi $2 per batang.  Karena keseimbangan $3 berada diatas batas tertinggi, harga batas itu menjadi peraturan yang mengikat pasar. Kekuatan penawaran dan permintaan cenderung mendorong harga kearah titik keseimbangan pasar, namun ketika harga pasar menyentuh batas, harga tidak mungkin naik lagi. Artinya harga pasar sama dengan batas harga tertinggi. Pada harga ini, jumlah permintaan es krim (125 batang) melebihi jumlah penawaran (75 batang). Ada kekurangan es krim sehingga beberapa orang tidak dapat membeli es krim pada harga yang berlaku.

Ketika pemerintah menerapkan batas harga tertinggi  di pasar tertinggi di pasar kompetitif, kekurangan barang akan terjadi, dan penjual harus menjatahkan barang yang langka kepada sejumlah besar pembeli yang potensial.

Batas Harga Terendah

Pada panel (a) ketika pemerintah menerapkan harga terendah dipasar es krim, ada  dua  kemungkinan  yang  dapat  terjadi.  Apabila  pemerintah  menerapkan  harga

terendah $2 per batang ketika harga keseimbangan $3. Dalam hal ini, karena harga keseimbangan diatas harga minimum maka batas harga minimum ini tidak mengikat. Kekuatan pasar secara alamiah mendorong perekonomian ke arah titik keseimbangan dan batas harga tertinggi.

Pada panel (b) Menunjukkkan apa yang terjadi ketika pemerintah menerapkan harga minimum sebesar $4 per batang. Dalam hal ini, karena harga keseimbangan $3 berada dibawah harga minimum maka harga minimum adalah persyaratan yang mengikat di pasar. Kekuatan penawaran dan permintaan cenderung menggerakkkan pasar ke arah harga keseimbangan, namun ketika harga pasar mencapai harga terendah, harga tidak mungkin turun lagi. Harga pasar sama dengan hrga terendah. Pada harga ini, jumlah penawaran eskrim (120) melebihi jumlah permintaan (80). Beberapa orang yang ingin menjual eskrim pada harga berlaku tidak dapat melakukannya. Dengan demikian, harga terendah yang mengikat menimbulkan kelebihan.

Evaluasi Pengendalian Harga

Satu prinsip lainnya dari dari Sepuluh Prinsip Ekonomi adalah pemerintah terkadang mampu memperbaiki hasil akhir mekanisme pasar. Tentu saja, pembuat kebijakan terdorong untuk mengendalikan harga karena memandang hasil akhir pasar tidak adil. Pengendalian harga sering kali ditunjukkan untuk menolong orang miskin. Sebagai contoh, peraturan pengendalian harga sewa berupaya untuk membuat harga sewa perumahan terjangkau bagi semua orang dan peraturan upah minimum mencoba untuk membantu orang keluar dari kemiskinan.

Namun, pengendalian harga sering kali merugikan mereka yang sebenarnya ingin ditolong. Pengendalian harga sewa mungkin membuat harga sewa rendah, namun hal itu juga membuat pemilik bangunan enggan untuk menjaga bagunannya. Akibatnya, tempat tinggal sulit diperoleh. Peraturan upah minimum mungkin meningkatkan pendapatan para pekerja, namun hal itu juga menyebabkan beberapa pekerja menganggur.

Pajak

Pembagian beban pajak (tax incidence) merupakan suatu cara pembagian beban pajak diantara para pelaku di pasar.

Pajak Terhadap Pembeli Memengaruhi Hasil Akhir Pasar

Ada dua pelajaran yaitu :

  1. Pajak mengurangi aktivitas pasar, ketika pajak dikenakan terhadap sebuah barang, jumlah barang yang terjual tersebut lebih sedikit pada keseimbangan baru.
  2. Pembeli dan penjual membagi beban pajak. Pada keseimbangan baru, pembeli membayar lebih besar untuk harga barang, sedangkan penjual menerima lebih sedikit.

Pajak Terhadap Penjual Memengaruhi Hasil Akhir Pasar

Pajak kepada pembeli dan pajak kepada penjual besarnya sama. Dalam kedua kasus, pajak membuat suatu irisan antara harga yang dibayarkan oleh pembeli dan harga yang diterima oleh penjual. Irisan antara harga pembeli dan harga penjual adalah sama, tanpa memperhatikan apakah pajak dikenakan kepada pembeli dan penjual.

  • Bagikan

Respon (5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *