Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

Integritas pentingnya belajar

  • Bagikan

Pengertian Integritas

Integritas adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu, “integer” yang artinya utuh dan lengkap. Oleh karena itu, integritas memerlukan perasaan batin yang menunjukkan keutuhan dan konsistensi karakter. Dalam pengertian singkat, integritas artinya konsep konsistensi tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, harapan dan hasil. Dalam etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau ketepatan tindakan pada diri seseorang. Pengertian integritas menurut para ahli juga tidak jauh-jauh dari definisi yang kami kemukakan sebelumnya. Salah satu ahli memberikan definisi integritas sebagai tiga hal yang selalu dapat kita amati yaitu, memenuhi komitmen, menunjukkan kejujuran, dan mengerjakan sesuatu dengan penuh konsisten.

Kami yakin kata integritas pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama bagi orang-orang yang bekerja di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Integritas memang menjadi kata yang sangat penting di dalam dunia bisnis dan kerja. Sayangnya, integritas adalah salah satu kata yang sering disalahpahami dan disalahgunakan dalam organisasi. Ada tiga arti integritas yang sudah tersebar di kalangan umum yaitu,

  1. integritas memiliki arti jujur,
  2. kehidupan yang seimbang dan teratur dapat disebut sebagai kehidupan integritas,
  3. berada dalam integritas artinya melakukan segala sesuatu secara alami tanpa usaha yang berlebihan.

Pentingnya Integritas

Pentingnya integritas bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari saja, namun juga sangat diperlukan di dalam dunia bisnis dan dunia kerja. Bertindak dengan integritas berarti memastikan bahwa setiap keputusan dibuat berdasarkan prinsip etika dan moral yang menyeluruh. Kepercayaan, kehormatan, dan kejujuran adalah elemen kunci dari konsep integritas.

Pentingnya Belajar

Belajar adalah proses mencari, memahami, menganalisis suatu keadaan sehingga terjadi perubahan perilaku. Banyak orang mengatakan bahwa kita sebagai generasi muda wajib belajar, tidak hanya generasi muda bahkan semua orang wajib belajar.

Belajar memegang peranan yang penting dalam hidup seseorang. Tentu kita sudah familiar dengan peribahasa ” Hanya keledai dungu yang jatuh pada lubang yang sama”. Jika dicermati sebenarnya peribahasa ini hendak menyampaikan betapa pentingnya belajar. Mengapa keledai dungu dapat jatuh pada lubang yang sama? Jawabannya adalah karena dia tidak belajar terutama pada pengalaman yang telah menimpanya. Apa yang terjadi pada keledai dungu ini dapat juga terjadi pada manusia. Seringkali kita menyaksikan masih banyak orang yang terjebak oleh masalah yang berulang-ulang dialaminya, bukankah itu artinya ia selalu jatuh pada lubang yang sama. Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda selalu belajar.

Belajar sangat penting bagi hidup kita, dengan belajar kita bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Pendidikan yang lebih baik sangat penting bagi semua orang untuk terus maju dalam kehidupan dan mendapatkan kesuksesan. Ini juga bisa menambah kepercayaan diri dan membantu membangun kepribadian seseorang. Pendidikan baik atau buruk hanya kita sendiri yang bisa tentukan.

Kepercayaan diri bukanlah hal sepele yang boleh dipandang sebelah mata. Seseorang yang hidupnya percaya diri biasanya jauh dari sifat keragu-raguan dan yakin terhadap apa yang dilakukan. Kepercayaan diri ini pun sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial. Jika kita berharap menjadi satu dari banyak orang yang percaya diri, maka belajarlah mulai saat ini. Dengan belajar, maka tentunya jendela ilmu dan pengetahuan kita akan semakin lebar. Khasanah keilmuan yang semakin bertambah akan berdampak pada kepercayaan diri.. Sederhananya kita bisa membandingkan kualitas anti-virus yang biasa di-update dengan yang tidak. Komputer akan kewalahan jika kita tidak meng-update anti-virusnya karena virus itu sendiri selalu di-update. Jadi, bagaimana tidak kita membiarkan dunia berjalan tanpa kita yang mengimbanginya dengan selalu meng-update diri kita.

Selain untuk menambah kepercayaan diri, pendidikan juga berpengaruh besar dalam dunia yang kompetitif seperti saat ini. Sekarang semua orang harus memiliki pendidikan yang baik. Pentingnya pendidikan tinggi sangat berpengaruh dalam mendapatkan pekerjaan dan jabatan yang baik. Pendidikan yang tepat menciptakan banyak cara untuk terus maju di masa depan. Setiap anak memiliki impian sendiri untuk melakukan sesuatu yang berbeda dalam kehidupan. Terkadang orang tua bermimpi anak-anak mereka untuk menjadi dokter, perwira, insinyur dan posisi tingkat tinggi lainnya. Hanya ada satu cara untuk meraih semua mimpi tersebut.

Belajar memiliki kekuatan untuk mengubah kita menjadi orang sukses. Hampir semua orang sukses tentunya pernah mengalami kegagalan. Namun mereka tak menyerah dan terus berulang-ulang mencoba. Sedikit sekali kesuksesan yang dapat diperoleh secara instan. Salah satu langkah menggapai dan mencicipi kesuksesan adalah dengan belajar dari pengalaman dan belajar memperbaiki kekurangan yang ada. Tampak jelas bukan bahwa langkah ditempuh sebuah kesuksesan tiada lain adalah dengan belajar dan belajar. Artinya belajar memiliki kekuatan yang ampuh untuk menyajikan kesuksesan untuk kita nikmat. Jadi jika rasa lelah yang menghambat kita untuk belajar, maka cukup yakini saja bahwa suatu saat usaha ini akan berbuah kesuksesan untuk diri kita sendiri. Konteks kesuksesan ini tentunya tidak diartikan hanya dalam kekayaan saja. Kesuksesan ini berarti global seperti dalam bidang akademik, hubungan sosial, keyakinan dan kesuksesan-kesuksesan yang lainnya.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan yaitu membentuk manusia yang berwatak; mendidik anak-anak agar dapat berpikir secara rasional, bekerja beraturan dan sungguh-sungguh menanamkan rasa persatuan membentuk manusia yang bebas dan merdeka serta percaya diri dan bertanggung jawab; membentuk pribadi yang aktif mengabdi dan membangun masyarakat; mengembangkan manusia seutuhnya, yakni yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur serta memiliki pengetahuan yang mumpuni. Persamaan antara pendidikan, pembelajaran dan pengajaran. Semuanya akan dapat mencapai tujuan jika pembelajaran bermakna dengan pengajaran yang tepat. Sebaliknya pendidikan tidak akan mencapi tujuan jika pembelajaran tidak bermakna dengan pengajaran yang tidak tepat.

Tepatnya, belajar sangatlah penting untuk kelangsungan hidup manusia terutama untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Belajar bukanlah semata-mata pergi kesekolah menuntut ilmu dan nilai hingga lulus dan mendapatkan pekerjaan. Belajar dapat diartikan adalah sesuatu yang telah kita lakukan dari waktu lahir kedunia. Ketika masih kecil kita belajar langkah demi langkah untuk dapat berbicara, berjalan dan sebagainya. Itu sudah merupakan suatu kegiatan belajar. Maka, tidak dapat dipungkiri bahwa belajar merupakan sesuatu yang sudah menjadi bagian dari kehidupan umat manusia.

Belajar dapat diartikan sebagai alat, yang dimana dapat digunakan oleh kalian untuk bertahan hidup didunia ini. Dengan belajar kamu mendapatkan informasi yang dapat membantu kelangsungan hidup kamu didunia ini, tidak perlu jauh-jauh untuk membayangkan mengapa belajar merupakan suatu hal yang penting. Cobalah berfikir mengapa kamu dapat hidup sejauh ini? Itu dikarenakan kamu telah belajar untuk melakukan berbagai macam hal untuk kelangsungan hidupmu.

Bahkan dalam kamus bahasa inggris belajar memiliki arti “devotion of time and thought to acquire information” yang memiliki arti “pengabdian waktu dan pemikiran untuk memperoleh suatu informasi” Maka, arti belajar itupun sangatlah luas dan mencakup seluruh askep dikehidupan. Belajar merupakan hal yang sangat penting untuk membantu kita tumbuh secara mental, karena manusia tidak dapat menjadi insan yang stagnan selamanya. Layaknya kita menaiki tangga, kita perlu berusaha untuk mencapai sebuah tujuan dengan berusaha dan belajar. Belajar dengan sistem pendidikan terarah memiliki makna agar kita dapat menghargai pencapaian diri sendiri yang telah diraih.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *