Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

KUE SERIMUKA / TALAM KETAN SRIKAYA PANDAN

  • Bagikan

Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa (terutama Belanda, Portugis, dan Spanyol).

Beberapa jenis hidangan asli Indonesia juga kini dapat ditemukan di beberapa negara di benua Asia. Masakan Indonesia yang populer seperti sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe, juga sangat populer. Tempe dianggap sebagai penemuan asli Jawa, adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom, mirip dengan tempe tetapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat populer di Jawa Barat.

Makanan Indonesia umumnya dimakan dengan menggunakan kombinasi alat makan sendok pada tangan kanan, dan garpu pada tangan kiri, meskipun demikian di berbagai tempat (seperti Jawa Barat dan Sumatra Barat) juga lazim didapati makan langsung dengan tangan telanjang. (wikipedia)

Bahan lapisan ketan

– beras ketan 250gr
– santan 100ml
– air 2 cup beras / 320ml
– garam setengah sdt
– pandan 1 lembar

Bahan lapisan pandan

– daun pandan 8 lembar, suji 2 lembar blender dengan 200ml air, lalu saring
– telur 2 butir kocok lepas
– santan 100ml
– tepung terigu pro sedang 3 sdm
– maezena 2 sdm
– garam setengah sdt
– gula 100gr

Cara buat

– masukan semua bahan lapisan ketan ke dalam rice cooker, aduk rata, lalu masak seperti memasak nasi biasa.
– setelah ketan matang aduk-aduk lalu tuang ke loyang atau wadah tahan panas. Loyang / wadah di oles minyak dulu. Ratakan dan tekan2 ketan pada loyang, sisihkan
– campur semua bahan lapisan pandan, aduk rata, saring bila bergerindil.
– masak hingga mengental lalu tuang diatas lapisan ketan putih, ratakan
– kukus selama 20-30 menit
– tunggu dingin baru dipotong sesuai selera
By @CookingwithHel
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *