Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

RESEP PROLL TAPE ALMOND

  • Bagikan

Sejak kuliner Indonesia telah didapati dalam sejumlah prasasti abad ke-8 sampai ke-10 Masehi. Ketika itu, istilah boga telah dikenal, yakni makanan yang berhubungan dengan dapur, dibuat dengan sentuhan seni dan memberikan kenikmatan. Hal itu banyak didapati pada prasasti Jawa dan Sumatra.

Namun semakin ke timur Indonesia, tak banyak catatan, dan bahannya makin homogen, yakni sagu. Teknik memasak, dan bahan makanan asli Indonesia berkembang, dan kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, Cina, dan akhirnya Eropa.

Di masa abad pertengahan, makanan juga merupakan komoditas dagangan yang memang laku untuk dijual. Misalnya, hasil-hasil pengolahan garam di pantai utara Jawa Timur dibawa berdagang ke Sulawesi dan Maluku, dan diperdagangkan secara langsung melalui Banten ke Sumatra.

Para pedagang Spanyol dan Portugis membawa berbagai bahan makanan dari benua Amerika jauh sebelum Belanda berhasil menguasai Indonesia. Pulau Maluku yang termahsyur sebagai “Kepulauan Rempah-rempah”, juga menyumbangkan tanaman rempah asli Indonesia kepada seni kuliner dunia. Seni kuliner kawasan bagian timur Indonesia mirip dengan seni memasak Polinesia dan Melanesia.

Makanan Indonesia umumnya dimakan dengan menggunakan kombinasi alat makan sendok pada tangan kanan, dan garpu pada tangan kiri, meskipun demikian di berbagai tempat (seperti Jawa Barat dan Sumatra Barat) juga lazim didapati makan langsung dengan tangan telanjang.

PROLL TAPE ALMOND

Bahan:

400 gr tape singkong, lumatkan

4 butir telur

100 gr gula pasir

1/2 sdt garam

100 gr tepung terigu protein sedang

100 ml susu cair fullcream

1 sdt pasta vanilla

100 gr margarin, lelehkan

Topping: almond slice sesuai selera

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dgn suhu 165’C.
  2. Kocok telur dan gula menggunakan whisk hingga gula larut (aku menggunakan Hand Mixer dgn speed 1 slama 1 menit).
  3. Masukkan garam dan tepung terigu, aduk rata. Masukkan susu cair dan tape, aduk rata (masih menggunakan Hand Mixer dgn speed 1 aja).
  4. Masukkan pasta vanilla dan margarin cair, aduk rata dgn menggunakan Spatula Flamingo @steincookware.
  5. Tuang adonan ke dlm loyang kotak 20 cm yg sudah dialasi kertas roti (aku pakai brownie pan sekat) lalu taburi almond slice.
  6. Panggang dgn menggunakan Oven dgn suhu 165’C selama 45 menit, api atas bawah.
  7. Setelah matang segera keluarkan dari oven dan loyangnya ya. Enjoy!\

 

 

 

 

by @silvialim18

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *