Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

Pembagian waktu di Negara Indonesia

  • Bagikan

Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan merupakan negara kepulauan yang mengakibatkan Indonesia memiliki 3 waktu yang berbeda. walau masih termasuk daerah Indonesia, akan tetapi memiliki selisih waktu.

Letak astronomis Indonesia, yaitu terletak pada 6° LU – 11° LS dan 95º BT – 141° BT.

Letak astronomis yang demikian itu menunjukkan bahwa Indonesia terletak di daerah iklim tropis. Daerah iklim tropis terdapat di antaraatau tropic of cancer, dan atau tropic of capricorn.

Hal  ini mengakibatkan temperatur di Indonesia cukup tinggi (antara 26° –28°C), curah hujan cukup banyak (antara 700 – 7.000 mm/tahun), terjadi hujan zenital (hujan naik ekuator), dan proses pelapukan batu-batuan cukup cepat serta terdapat berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan.

Letak astronomis mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu kira-kira 3 jam (tepatnya 46 x 4 menit = 184 menit) antara bagian paling timur dan paling barat Indonesia.

Sejak tanggal 1 Januari 1988 di Indonesia diberlakukan pembagian daerah waktu yang baru, menggantikan pembagian daerah waktu yang lama yang berlaku sejak 1 Januari 1964. Dengan berlakunya pembagian daerah waktu baru ini, terjadi pergeseran waktu di beberapa tempat.

Berikut daerah-daerah dalam pembagian daerah waktu di Indonesia sampai saat ini :

1) Daerah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)

Waktu Indonesia Bagian Barat berdasarkan meridian pangkal 105oBT, meliputi seluruh provinsi di Sumatera, seluruh provinsi di Jawa,Provinsi Kalimantan Barat, dan Provinsi Kalimantan Tengah(mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal dari waktu Greenwich).

2) Daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)

Waktu Indonesia Bagian Tengah berdasarkan meridian pangkal120o BT, meliputi Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB, dan seluruh provinsi di Sulawesi(mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal dari waktu Greenwich).

3) Daerah Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)

Waktu Indonesia Bagian Timur berdasarkan meridian pangkal 135oBT, meliputi seluruh provinsi di Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Maluku Utara (mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal dari waktu Greenwich).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *