Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

UPAYA MENGHADAPI GLOBALISASI

  • Bagikan

Upaya Menghadapi Globalisasi

Pada dasarnya negara  di kawasan utara yang merupakan maju dan negara industri  sebenarnya  memiliki  ketergantungan  pada  negara  dunia  ketiga di kawasan selatan. Ketergantungan tersebut di antaranya adalah bahwa di negara ketiga merupakan   pemasok bahan baku industri dan Tempat untuk memasarkan hasil produksinya.

Ketika dunia ketiga menghentikan ekspor bahan mentah, tidak mau hutang pada negara industri maju, menutup diri terhadap barang-barang   hasil produksi dari negara maju, dan sebagainya.

Globalisasi yang sudah melanda di berbagai kawasan dunia harus diimbangi dengan terciptanya hukum internasional yang imbang di antara negara industri maju untuk tetap mau menempatkan potensi negara dunia ketiga selayaknya menyiapkan potensi diri bangsanya.

Upaya tersebut bukan saja upaya menghadapi hal negatif dari globalisasi, namun juga upaya yang harus disiapkan secara positif menghadapi era globalisasi.

Upaya Menghadapi Gobalisasi Budaya

Dalam globalisasi yang merambah bidang budaya, masyarakat seharusnya selektif memilih budaya dari luar dengan mengambil kebudayaan-kebudayaan yang sesuai dengan kebudayaan lokal. Budaya lokal juga harus diangkat kembali agar tidak tergerus dan hilang akibat globalisasi.

Upaya yang dapat dilakukan di antaranya dengan mengadakan berbagai macam pameran, seminar, lomba kebudayaan, dan masih banyak lagi. Kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun harus pula tetap dilestarikan agar tidak ada bagian yang tertinggal.

Untuk mendukung hal tersebut dapat pula dilakukan dengan menjaga tempat bersejarah, wisata budaya, wisata alam, dan berbagai hal yang berkaitan dengan adat istiadat daerah.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi di bidang budaya adalah.

  • Menyaring  setiap  budaya  asing  yang  masuk  ke  Indonesia  untuk kemudian diadaptasi dan digunakan bersama-sama.
  • Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional untuk menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia.
  • Menyukai dan menggunakan produk-produk asli Indonesia.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga Indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli Indonesia agar tidak luntur terbawa arus globalisasi juga tidak hilang karena diklaim negara lain.
  • Mematenkan  setiap  budaya  Indonesia  serta  mempublikasikannya agar  tetap  terjaga  dan  menjadikan  masyarakat  Indonesia  bangga memilikinya.
  • Berpegang teguh pada nilai religius, spiritual dan memupuk rasa kebhinekaan agar Indonesia tetap berjaya dengan budayanya.
  • Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat

Upaya Menghadapi Globalisasi IPTEK

Upaya menghadapi globalisasi di bidang IPTEK diantaranya dapat ditempuh dengan menyaring informasi yang baik dan bermanfaat. Masyarakat juga harus berusaha mengikuti perkembangan IPTEK agar tidak tertinggal dari negara lain serta tidak mudah terpengaruh informasi- informasi yang masuk dari luar.

Sudah banyak contoh siswa Indonesia yang mampu berkompetisi di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah internasional. Bahkan kemenangan mereka raih dalam kompetisi mereka. Prestasi ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi di bidang IPTEK tidak kalah dengan negara lain.

Namun masih diperlukan banyak upaya untuk menghadapi globalisasi yang melanda bidang IPTEK.  Upaya yang dapat dilakukan diantaranya adalah :

  • Berkompetisi dalam kemajuan iptek.
  • Meningkatkan motif berprestasi.
  • Meningkatkan  kualitas/mutu  Sumber  Daya  Manusia  terutama  di bidang penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar kita mampu bersaing.
  • Selalu berorientasi ke masa depan.
  • Meningkatkan penguasaan kita terhadap teknologi modern di segala bidang sehingga tidak tertinggal dan bergantung pada bangsa lain.

Upaya Menghadapi Globalisasi Ekonomi

Pada dasarnya negara-negara di dunia terdapat dua kutub dalam menyikapi globalisasi ekonomi ini. Kutub yang pertama adalah negara-negara yang mendukung pelaksanaan globalisasi. Negara-negara ini terdiri dari negara- negara  maju  dan  negara-negara  yang  memiliki  perekonomian  yang  kuat.

Di kutub yang lain terdapat negara-negara yang menolak pemberlakuan perdagangan bebas di dunia. Negara-negara ini biasanya merupakan negara- negara yang memiliki Sumber Daya Alam yang banyak tetapi Sumber Daya Manusia yang mengolahnya terbatas.

Indonesia memberanikan untuk berkecimpung dalam perdagangan bebas.Dengan ditandatangani AFTA berarti Indonesia telah siap ikut ambil bagian dalam perdagangan bebas. Beberapa upaya yang harus dilakukan dalam menghadapi globalisasi dalam bidang ekonomi adalah.

  • Menyiapkan SDM   yang    kompeten, kompetitif dan memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi kompetisi globalisasi.
  • Melaksanakan standarisasi dan sertifikasi bagi perusahaan dan lembaga pemerintah untuk citra, kesungguhan dan kualitas produk.
  • Menghilangkan  praktek-praktek  korupsi,   kolusi,   nepotisme   dan manipulasi.
  • Mendorong pengusaha-pengusaha lokal khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk berkompetisi secara sehat.
  • Mendorong  munculnya  produk-produk  kreatif  dan  inovatif  dari masyarakat Indonesia.

Upaya Menghadapi Globalisasi Komunikasi

Komunikasi yang berkembang di era globalisasi sangat besar manfaatnya dalam kehidupan masyarakat. Namun demikian penggunaan alat komunikasi juga sebaiknya di lihat kebermanfaatannya. berikut upaya komunikasi untuk menghadapi globalisasi sebagai berikut :

  • Memilih dan memanfaatkan alat komunikasi secara tepat dan sebaik- baiknya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.
  • Memanfaatkan alat komunikasi demi kemajuan masa depan dan tidak menyalah gunakannnya.
  • Memilih  informasi  dengan  tepat  dan  bijaksana agar  tidak  mudah terpengaruh dan terhasut oleh informasi yang salah.

Upaya Menghadapi Globalisasi Tranportasi

Globalisasi di bidang transportasi telah membawa pengaruh yang sangat besar dalam pemilihan alat transportasi. Alat transportasi yang modern dan cepat dalam membantu mobilitas manusia menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan alat transportasi.

Sehingga alat transportasi lokal atau yang kurang  modern  menjadi  tersisih.  Untuk  menjangkau  tempat  yang  dekat saja terkadang mereka tetap memanfaatkan alat transportasi, padahal dapat dijangkau dengan jalan kaki. Lalu bagaimana cara menghadapi agar globalisasi di bidang transportasi lebih tepat dan efisien?

  • Memanfaatkan alat transportasi sesuai dengan jarak dan waktunya.
  • Menggunakan alat  transportasi tidak  berlebihan agar  tidak  terjadi pencemaran lingkungan.
  • Menjaga keberadaan alat transportasi lokal sebagai salah satu khasanah budaya.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *