Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

  • Bagikan

Pentingnya Pasar dan Pemasaran

Keberhasilan kinerja keuangan sering bergantung pada   kemampuan  pasar dan  pemasaran,   operasi, akuntansi,  sumber  daya  manusia  dan  fungsi  lainnya. Dimasa lalu sebelum ilmu pemasaran berkembang dan dikenal secara luas seperti saat ini, setiap perusahaan berusaha untuk terlebih dahulu berproduksi sebanyak- banyaknya,  baru kemudian  berusaha  untuk  menjualnya kembali. Dalam keadaan seperti ini mereka tidak peduli dengan kondisi permintaan yang ada, sehingga banyak diantara produsen mengalami kegagalan dan bahkan terus merugi,   akibat   jumlah produksi   tidak   sesuai   dengan jumlah permintaan.

Banyak perusahaan saat ini telah mengkreasikan posisi  Chief  Marketing  Officer  untuk  meletakkan pemasaran   dalam   posisi   yang   lebih   sejajar   dengan eksekutif tingkat lainnya, seperti CEO dan CFO. Para CEO mengakui  pentingnya  pemasaran  dalam  sebuah perusahaan  bisnis.  Sebuah  survei  tentang  10  tantangan terbesar yang  dihadapi  para  CEO  diseluruh  dunia  pada tahun  2016  yang  mengungkap  bahwa  pada  peringkat  5 besar ada pertumbuhan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan  dan  Loyalitas/retensi  pelanggan. Pencapaian kedua hal tersebut   sangat bergantung pada pemasaran.

Namun  pemasaran  adalah  hal  yang  sukar,  dan diarea  ini  telah  menjadi  kelemahan  dari  banyak perusahaan yang dulu sukses baik perusahaan kecil menengah maupun perusahaan yang sudah go publik, seperti Sony, Motorola, Levi’s, Kodak, Xerox dan lain-lain. Para CEO atau manajer perusahaan juga mengetahui pentingnya pemasaran untuk membangun branding dan basis pelanggan yang loyal, yang merupakan aset intagible yang membentuk presentasi nilai besar bagi sebuah perusahaan bisnis.

Prospek Perusahaan dalam Pemasaran

Pada  dasarnya  setiap  perusahaan  harus  mampu membaca pasar secara jelas dan terhadap apa yang akan dipasarkan di masa akan datang. Secara umum orang-orang pemasaran memasarkan 10 tipe entitas yaitu:

  1. Barang, yaitu produk yang berbentuk fisik yang bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan secara terus menerus oleh konsumen. Seperti produk makanan, baju, HP, Buku dan lain-lain.
  2. Jasa,  yaitu   kegiatan   yang   bergerak   pada   usaha pelayanan   seperti   hotel,   maskapai   penerbangan, rental, dokter, dosen dan lain-lain.
  3. Acara, yaitu  kegiatan  yang  memberikan  suguhan program baik melalui media media massa maupun online seperti pameran dagang, petunjukkan seni, dan ulang tahun perusahaan maupun yang laiinya
  4. Pengalaman, yaitu  memaduan  beberapa  jasa  dan barang, atau sebuah perusahaan dapat menciptakan, memamerkan dan memasarkan pengalaman seperti walt disney world’s magic kingdom dalam memberikan izin pelanggan dalam mengunjungi kerajaan peri, kapal bajak laut, atau rumah hantu atau juga seperti rafting di magelang dan tempat-tempat museum peninggalan sejarah.
  5. Orang, yaitu usaha yang bergerak pada pemasaran selebriti, seperti artis, musisi, pengacara, dan ahli keuangan kelas atas. Dan ini biasanya disebut sebagai self branding atau pekerjaan pemasaran sendiri.
  6. Tempat, yaitu  kota,negara,  kawasan,  dan  seluruh negara bersaing secara aktif untuk menarik turis, apbrik, kantor puat perusahaan, dan pemukiman baru. Contoh pemasaran seperti ini ialah agen real estate, bank komersial, asosiasi bisnis lokal serta agen periklanan dan hubungan masyarakat.
  7. Properti, yaitu secara khusus dalam aspek pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan baik perusahaan dagang ataupun jasa, untuk memproduksi atau memasarkan produknya.

Pasar dan Pemasaran

Pengertian pasar secara sederhana  dapat  diartikan  sebagai  tempat  bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pengertian  ini  mengandung  arti  pasar  memiliki  tempat atau lokasi tertentu. Namun dalam praktiknya pengertian pasar dapat lebih luas lagi. Artinya pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi, tetapi cukup melalui sarana elektronik seperti, faksimili atau melalui internet.

Pengertian  lain   yang   lebih   luas  tentang   pasar adalah  himpunan  pembeli  nyata  dan  pembeli  potensial atas   suatu   produk.   Pasar   nyata   maksudnya   adalah himpunan  konsumen  yang  memiliki  minat,  pendapatan, dan akses pada suatu produk atau jasa tertentu.

Pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan   manusia   dan   sosial.   American   Marketing Association (AMA) adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanngan   dan   untuk   mengelola   hubungan   pelangan dengan  cara  yang  menguntungkan  organisasi  dna pemangku kepentingannya (Kotler, 2013). Sedangkan manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasa sasaran  dan  meraih,  mempertahankan,  serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (Kotler, 2013)

Pasar juga dapat diartikan pula sebagai mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan adalah jumlah barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Faktor-faktor  yang  mempengaruhi  permintaan  suatu barang atau jasa adalah:

  1.  Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang lain    yang   memiliki   hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).
  3. Pendapatan
  4. Selera
  5. Jumlah penduduk/demografi
  6. Faktor khusus (akses)
  7. budaya

pengertian penawaran adalah jumlah barang dan atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Faktor- faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang atau jasa adalah:

  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).
  3. Teknologi.
  4. Harga input (ongko.s produksi)
  5. Tujuan perusahaan.
  6. Faktor khusus (akses).

Jumlah permintaan dan penawaran serta jenis barang yang ada di pasar saat ini dapat dijadikan dasar untuk mengetahui struktur pasar atas produk atau jasa tersebut.

 

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *