Menu
Makalah Lengkap dan Pengetahuan Umum

Tugas Manajemen Pemasaran

  • Bagikan

Secara  umum,  kita  dapat  mengidentifiasi serangkaian tugas yang menentukan keberhasilan manajemen pemasaran dan Leading Market. Ada beberapa tugas seorang manajer yang paling penting untuk diperhatikan dalam sebuah perusahaan, yaitu:

a. Mengembangkan Strategi dan Rencana  Pemasaran

Kemampuan  mengidentifikasi  potensi  peluang  pasar dalam jangka panjang dan kompetensi inti dari sebuah produk.  Selain  itu,  mengembangkan  rencana pemasaran konkrit yang merinci strategi dan taktik pemasaran untuk maju dan berkembang.

b. Menangkap Pemahaman (Ide) Pemasaran

Kemampuan untuk menngubah strategi pemasaran menjadi  program  pemasaran,  mengukur  potensi pasar, meramalkan permintaan, dan membuat keputusan dasar tentang pengeluaran pemasaran, aktivitas pemasaran, dan alokasi pemasaran dengan melihat kondisi lingkungan baik makro maupun mikro.

c. Berhubungan dengan Pelanggan

Menciptakan dan membangun hubungan komunikasi dengan seluruh stakeholder terutama para pelanggan dalam menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang dipilih dan dikembangkan untuk menjaga reputasi perusahaan dan produk yang ditawarkan.

d. Membangun Merk yang Kuat

Manajer harus mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap produk yang telah dipasarkan dari sudut  pandang  pelanggan  agar  bisa  dijadikan informasi untuk perbaikan di masa akan datang. Dengan demikian, manajer mampu membuat strategi yang berfokus pada konsumen dan mengembangkan positioning atas produk yang telah di tawarkan. Dan yang perlu diperhatikan adalah pesaing sehingga bisa menciptakan strategi jitu untuk menciptakan brand equity.

e. Membentuk Penawaran Pasar

Suatu  keputusan  manajer  pemasaran  yang  penting yang   berhubungan   dengan   harga.   Manajer   harus mampu  menetapkan  strategi  harga  seperti  harga grosir,  eceran,  diskon,  potongan  harga,  dan ketentuan kredit. Selain itu, manajer juga harus melihat nilai tawar konsumen dan tingkat pendapatan masyarakat agar produk yang ditawarkan bisa dibeli dan dikonsumsi oleh pelanggan secara terus menerus.

f. Menghantarkan nilai

Manejer haru mampu menghantarkan kepada pasar sasarannya atas nilai yang terkandung dalam produk dan layanan yang ditawarkan kepada pasar. Biasanya manajer menghantarkan nilai produk harus lebih terjangkau, mudah, dan tersedia atas produk yang ditawarkan  kepada  para  pelanggan/konsumen. Manajer juga dapat mengidentifikasi, merekrut dan mengaitkan berbagai fasilitator pemasaran untuk memasok produk dan layanannya secara efisien ke pasar sasaran.

g. Mengkomunikasikan nilai

Kemampun manajer dalam melakukan komunikasi yang tepat sasaran kepada pasa sasaran atas nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya. Kegiatan diperlukan  program  komunikasi  pemasaran  terintegrasi yang  memaksimalkan  kontribusi  individual  dan  kolektif dari semua aktivitas komunikasi.

h. Menciptakan Pertumbuhan Pasar

Berdasarkan positioning produk, manajer harus memulai pengembangan, pengujian, dan peluncuruan produk baru sebagai bagian dari visi jangka panjang perusahaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *